SICKO

Saya baru aja nonton film sewaan dari Odiva. Judulnya SICKO. Huahahahah, gila film udah ada dari taon 2007, saya baru nonton taon 2009 akhir. Parah.

Anyway, ini sebenernya semacam film dokumenter gitu deh, jadi isinya tentang pelayanan kesehatan Amerika -yang katanya Negara hebat itu- yang ternyata (juga) menyedihkan. (taulah pembandingnya sapa….)

Jutaan masyarakat Amrik yang punya asuransi kesehatan ternyata nasibnya gak beda jaoh ma mereka yang gak punya asuransi. Perusahaan-perusahaan asuransi ini justru menarik keuntungan sebanyak2nya dengan menolak permohonan para pemilik asuransi ini untuk biaya pengobatan, dengan berbagai macam alasan yang kadang sie terlalu dibuat2.

Lalu si Michael Moore, otaknya nie film, survey kemana2. Mulai dari Kanada, Inggris, Prancis, sampe Kuba.

Dan mulailah saya ber- haaaaa haaaaa berkali-kali melihat pelayanan kesehatannya negara2 ini.

Kanada menerapkan pelayanan kesehatan gratis untuk warganya.

Dengan pelayanan kesehatan nasional, biaya rawat inap di RS di Inggris itu 0. Free. Gratis. Dan untuk obat2annya? 6.65 pound per resep. Mo obatnya 30 biji, 100 biji, 200 biji, harganya tetep sama. 6.65 pound. Pukul rata. Malah kalo orangnya abis rawat inap, gak punya ongkos buat transport, dikasi tuh sama RS-nya. Heheheh. Nikmatnyaaa hidup.

Gak puas, si Mike nyari dokter yang kerja buat pemerintah di Inggris. Penasaran, dan ngebayangin betapa menderitanya hidup tuh dokter. Ternyata? Mobil Audi, rumah mewah di lingkungan mewah, penghasilan berlimpah tiap tahunnya, jadi milik sang dokter. The better he does, the more he’ll be paid. Kalo pasien2nya mengalami perkembangan baik, makin sehat, semakin berlimpah ruahlah duitnya si dokter. Enak yaaaa. Heheheheheh

Pindah lagi ke Prancis. Disana ada semacam subsidi silang, jadinya semua orang bisa dapat pelayanan kesehatan terbaik sesuai kebutuhannya, bukannya sesuai kondisi kantongnya…^_^

Malah ada pelayanan ‘SOS Medecins’, buat orang2 sakit yang butuh dokter, dan dokternya patroli tiap malem biar yang sakit bisa langsung diobatin di rumahnya. Tinggal telepon, dokternya langsung dateng. Gratis. Trus waktu kerja warga di Prancis 35 jam seminggu (wow), dengan tingkat produktivitas yang tinggi, trus waktu libur dalam setahun 5-10 minggu, dan gaji tetep dibayar (double wow), trus buat ibu-ibu yang baru punya baby bakal dikasi orang yang bantu ngurusin rumah tangga, dan dibayar sama pemerintah. Datengnya 2 kali seminggu. Kerjaannya? Bantu nge-laundry, bantu masak2, bantu jagain anak, apa aja yang bisa meringankan tugas si ibu baru ini (triple wow). Hell yeah, I LOVE FRANCE!!! (and Indonesia either… wkwkwk)

Dan di Kuba, obat seharga 120 dollar di Amerika bisa dibeli dengan harga 5 sen!!!! Pelayanan kesehatannya juga te o pe. Tinggal kasi nama dan tanggal lahir buat data2 di RS aja. That’s it. Gak ribet. Trus dapet deh perawatan kesehatan terbaik dari dokter-dokter disana, yang bener2 melayani dengan hati.

Semua ini gak didapatkan di Amerika.

Jadi intinya?

Uhm, apa yak?? Bingung. Hahahah.

Yah pokoknya abis nonton ini otaknya jadi lebih kebuka deh. Dan I’m dreaming of a better Indonesia too! Saya sie berharap pelayanan kesehatan di Indonesia juga bisa lebih ditingkatkan. Semua warga mendapatkan kesetaraan dalam hal hak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak, tanpa pandang kantong pastinya…

Terserah deh Amerika mo kayak apa. Hehehe. Gak ding. Semoga Amerika juga lebih baek, Indonesia juga, negara2 yang laen juga… Kayaknya hidup jadi indaaaahhhh banget deh kalo public service, yang salah satunya pelayanan kesehatan ini, berkualitas dan merata. Ameeeennnn!!!

I HAVE A DREAM TO SEE A BETTER WORLD.

Any Comment?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s