CERITA DI ANGKOT: Bukan Sok-Sokan Loh Tante…

Di Ambon, ongkos buat naek angkot itu Rp. 2400 buat umum dan Rp. 1500 buat mahasiswa ato pelajar. Tapi biasanya sie kalow kita bayar pake duit 3000, 5000, de es te, embel-embel 600 perak di belakang kembalian kita bakal diganti jadi 500. Duit 100 susah skarang, getow sie alesannya para sopir angkot…
Saya, yang berkategori umum, tadi siang naek angkot trus mbayar pake duit 5 ribuan. Saya bayarnya pas udah turun dari angkot. Trus dibalikin duit 1000an 2 lembar, ma koin atu. Saya taunya sie tuh koin duit 500an. Eh pas saya cek ternyata duit 200an! Sialan tuh sopir angkot ber-mata-dibingkai-tato. Mo saya mintain sisanya tapi tuh angkot udah maen kabur ajah.
Hmpfff. Bukan rejekinya saya kale ya…
Sorenya, pas saya mo balik ke rumah, eh si sopir angkot ber-mata-dibingkai-tato itu muncul lagi! Hahahahaha. Saatnya balas dendam!!!
Mank dasar jodoh kale ya, kok ya bisa dari sgeto banyak angkot saya bisa naek angkot ini lagi, di hari yang sama pula! Hihihihi.
Tapi kali ini si sopir angkot ber-mata-dibingkai-tato udah ditemenin kanek (a.k.a kondektur versi Ambon).
Saya jadi ngitung-ngitung sendiri di dalam ati, berhubung tadi dia cuma balikin 2200, brarti kurang 400 perak dunk. Pas da, saya bayar pake 2000an ajah. Waktu saya lagi sibuk mikir mo ngomong gimana kalow tar dibilang duitnya kurang, tante yang duduk di depan saya mbayar pake duit 10ribuan. Eh cuma dibalikin 7000 perak ma si kanek. Mank br*ngs*k banget nie angkot…
Si tante gak terima, dia ngamuk-ngamuk
“Woi nyong (=mas, red.), masa ongkosnya 3000 skarang??”
Dan dengan santenya si kanek njawab
“Iya, gak ada 500an lagi nie…”
Si tante gak mo rugi, dia rogoh-rogoh kantong, trus ketemu duit 400 perak, trus dikasi ke kanek.
“Balikin duit saya 1000!!!” kata si tante galak.
Akhirnya dikasi da duit 1000an ma si kanek.
Bagussss, biar tau diri nie angkot. Kalow semua orang digetoin, gak ada 500an lah, ini lah, itu lah, dapet untung brapa banyak nie angkot sehari??? 
Saya ngomong-ngomong sendiri dalem ati, sambil senyum-senyum kayak orang gila…
Skarang giliran saya nie menegakkan kebenaran!
Saya mbayar pake duit 2000an ke kanek. Trus saya langsung diliatin dari atas ke bawah ma tuh orang. Saya udah siap-siap mo ngomong kalow tadi kembaliannya kurang, tapi si kanek diem aja, gak ngomong apa-apa.
Kayaknya sie saya dikira mahasiswa, coz gak lama si kanek mo ngasi kembalian 500 perak ke saya. Sebenernya mo saya ambil, biar mereka rugi. Lumayan toh 500 perak, bisa ngewakilin orang-orang yang duitnya ‘diambil paksa’ ma nie angkot. Tapi saya pikir-pikir, tar duitnya saya pake beli permen trus saya sakit perut abis makan tuh permen (soalnya belinya pake duit haram wkwkwkwkwkwk), mending gak usah saya ambil da.
“Oh, gak usah, ambil aja kembaliannya.” Saya nolak kembaliannya dengan cool, hahahaha.
Si tante di depan saya langung ngeliatin saya dengan pandangan ikh-sok-banget-deh-nie-orang. Hehe. Saya pura-pura gak tau ajah, dan tetep duduk manis di angkot. Tenang tante, saya tetep pro tante dan penumpang angkot yang laen kok. Tante cuma gak tau ajah  kejadian tadi siang…

Oh ya, dan satu lagi Tante, saya bukannya mo sok-sokan jadi orang kaya loh…

One thought on “CERITA DI ANGKOT: Bukan Sok-Sokan Loh Tante…

Any Comment?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s